Apakah Pengaruh Perhelatan Akbar Sepak Bola Piala Dunia Terhadap Bisnis Di Indonesia

Piala dunia 2018 sebentar lagi akan diselenggarakan. Semua warga di belahan dunia pasti tidak sabar dengan hadirnya piala dunia yang menghebohkan ini. Piala dunia memberikan beberapa dampak positif untuk beberapa bidang, seperti bidang bisnis. Di Indonesia, piala dunia selalu memberikan dampak yang positif. Karena banyak pebisnis yang memanfaatkan kemeriahan piala dunia ini untuk meraup keuntungan yang banyak.

Orang-orang Indonesia begitu mencintai sepak bola, sehingga mereka juga senang mengoleksi barang-barang yang berhubungan dengan piala dunia. Apalagi baca artikel ini jika orang-orang Indonesia mengadakan acara nobar di suatu tempat, mereka pasti akan membeli semacam pernak-pernik dan juga makanan untuk menemani nonton mereka.

Glen Stipdolp selaku Vice Prsident dari komunitas Vice President Futbal Momentum Asia mengatakan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Pesta Bola Indonesia untuk mengadakan acara nonton bareng di 400 wilayah di seluruh Indonesia. PestaBola nantinya akan membantu meningkatkan pendapatan di ribuan bisnis Indonesia yang beredar. Melalui acara nonton bareng ini, para pebisnis Indonesia dapa mengambil kesempatan untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan terhadap produk mereka.

Beberapa titik yang menjadi target pelaksanaan acara nontin bareng ini adalah hotel dan restoran. Beberapa café yang sering dijadikan tempat banyak orang untuk nongkrong juga menjadi target eilayah pelaksanaan nobar ini. Karena café berpotensi untuk menghadirkan banyak orang yang juga merupakan pecinta sepak bola untuk ikut serta menonton acara pertandingan sepak bola tersebut.

PestaBola sendiri merupakan sebuah komunitas pecinta olahraga sepak bola yang melibatkan hampir seluruh warga Indonesia terlibat dalam setiap acara bola yang digelarnya. PestaBola sudah menjadi komunitas yang dikenal dan artikel referensi dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Dan sudah memegang semua lisensi serta perizinan tempat untuk mengadakan acara nobar. Semua lisensi atas media, siaran, publikasi aktivitas, bisnis komersial, pemberitaan, dan lain-lain sudah dipastikan aman dari PestaBola.

Kemudian, untuk siaran langsungnya, K-Vision sebagai salah satu perusahaan satelit televisi Indonesia, dipercaya sebagai broadcaster siaran piala dunia 2018 untuk Indonesia. K-Vision nantinya akan mendapatkan pelanggan baru sebanyak 2 juta orang dan diperkirakan akan terus bertambah. Mengingat K-Vision sudah memiliki Licensed Satellite Broadcaster secara resmi dari pihak FIFA.

Ia mengaku bahwa untuk mendapatkan lisensi ini tidaklah mudah. Karena biaya lisensi yang harus ditanggung cukup mahal. Pihak K-Vision harus merogoh kantong dari beberapa mitra K-Vision terkait masalah pendanaan ini. Pada piala dunia 2014 lalu, K-Vision pernah mengalami kunjungi website peningkatan pelanggan sebesar 200.000 orang, namun pasca piala dunia usai, loyalitas pelanggan mulai berkurang dan meninggalkan saluran televisi ini.

Direktur K-Vision Yohanes Yudistira mengatakan bahwa pihaknya akan menetapkan harga 880.000 rupiah kepada para pelanggannya untuk dapat menikmati siaran piala dunia 2018 ini. Harga ini sudah termasuk akses ke semua channel K-Vision serta channel-channel unggulan yang tidak terdapat pada paket biasa. Saluran khusus piala dunia 2018 ini akan berlangsung dari pertengahan juni hingga akhir Juni nanti.

Ia juga mengatakan bahwa masyarakat Indonesia begitu menggemari sepak bola dan tidak mau ketinggalan untuk menonton tim yang difavoritkannya mencetak gol kemenangan.Maka dari itu, hal ini benar-benar menjadi peluang bisnis yang besar bagi K-Vision untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Apalagi karena kecintaan masyarakat Indonesia yang begitu mendalam terhadap sepak bola. Hal ini benar-benar menjadi kesempatan besar untuk K-Vision.

Hingga saat ini, K-Vision sudah mendapati jumlah pelanggan yang mencapai 700.000 orang ini. Dengan ditambahnya siaran khusus piala dunia 2018, akan membuat K-Vision bertambah belanggannya. Untuk membuat pelanggan memiliki loyalitas terhadap K-Vision ini agar nantinya pelanggan tidak pergi usai piala dunia 2018 berakhir, K-Vision sudah menyiapkan beberapa promo khusus dan juga siaran khusus keluarga yang bisa diakses dengan nyaman.

Selain K-Vision, perusahaan TV Nasional Indoensia yang juga memgang Licensed Broadcaster Television adalah Transmedia. Siaran langsung piala dunia 2018 ini nantinya akan disiarkan di channel televisi Trans 7 serta Trans TV. Akan ada total 64 pertandingan yang disiarkan oleh pihak Transmedia yang meibatkan 32 tim inti yang bertanding di stadion-stadion yang tersebar di Rusia.

Maraknya piala dunia 2018 ini membuat berbagai pihak sponsor dikabarkan akan menitipkan iklan mereka terhadap pihak Transmedia ini. Namun, saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pihak Transmedia mengenai kabar tersebut. Untuk sponsor utama piala dunia 2018 ini dipegang oleh Vivo, selaku vendor smartphone resmi asal China.

Para warga Indonesia ini dipastikan akan sering melihat iklan Vivo bertebaran selama periode piala dunia 2018 berlangsung. Mengingat Vivo merupakan smartphone yang saat ini begitu hits di Indonesia mengalahkan merk-merk smartphone lainnya. Pihak Vivo sendiri mengakui bahwa mereka harus membayar 60 hingga 70 juta euro kepada pihak FIFA agar bisa melakukan sponsorship di sana.

Hal ini dimanfaatkan oleh pihak Transmedia untuk menaikkan pamornya sebagai televisi swasta terbaik di Indonesia. Selama lebih lengkap klik tautan ini lima tahun terakhir, Transmedia telah mengandang peringkat 10 besar televisi terbaik di Indoenesia, Dan pada tahun 2013, Transmedia pernah menduduki peringkat ke tiga sebagai televisi swasta terbaik.

Yang pasti, piala dunia 2018 ini akan kebanjiran penonton dari seluruh dunia. Karena semakin banyak fans baru sepak bola bermunculan. Dari yang usianya masih anak-anak hingga orang tua yang tidak luput dari menyaksikan pertandingan yang satu ini. Setiap tahunnya, penggemar sepak bola pasti akan selalu meningkat. Hal itu juga didukung dengan lahirnya beberapa komunitas khusus sepak bola yang didirikan.

Namun saat ini, seiring berkembangnya teknologi, orang-orang tak lagi menonton lewat televisi, Beberapa dari mereka memilih menonton melalui smartphone. Akhirnya, pihak tlevisi juga harus bersaing dnegan pihak lain yang menyediakan fasilitas streaming nonton bola melalui gadget. Karena banyak orang yang sering berada di luar rumah yang tidak menyediakan TV. Sehingga agar bisa menonton siaran kesukaannya, mereka menontonnya lewat smartphone, karena tidak memerlukan TV untuk dibawa kemana-mana.

Televisi bukanlah satu-satunya media yang dapat meraup banyak keuntungan akan adanya piala dunia 2018 ini. Jadi, apabila mereka ingin sumber berita asli mengambil keuntungan yang lebih banyak lagi, mereka harus bisa menyediakan saluran streaming yang bisa diakses melalui smartphone atau gadget lainnya. Beberapa orang yang memiliki TV di rumah, justru malah jarang menonton melalui televisi. Mereka lebih senang nonton di luar dan ikut nonton bareng bersama teman, pasangan, dan juga kerabat dekat lainnya.

Banyak para pebisnis yang memanfaatkan piala dunia ini untuk meningkatkan keuntungan mereka. Slah satu cara untuk mendapat banyak pemasukan adalah dengan mengadakan acara nonton bareng, dan bekerjasama dengan pihak-pihak pebisnis terkait lainnya untuk menjajakan jualan mereka di acara nonton bareng, sehingga orang-orang yang sedang menonton juga bisa membeli apa yang mereka butuhkan unutk menemani mendukung tim favoritnya di pertandingan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.