Berlibur ke Wisata Alam Gunung Pancar

Obyek wisata alam Gunung Pancar merupakan salah satu tujuan pariwisata di sekitar Sentul, Bogor yang digemari wisatawan dan tidak sedikit dari pecinta travel, khususnya dari warga Jakarta dan sekelilingnya. Jika Kamu lelah dengan rutinitas dan keramaian kota, mampirlah ketika akhir minggu ke obyek wisata alam Bogor ini. Kamu bahkan bisa menyegarkan badan dengan mandi air hangat yang tersedia di sana.

Pariwisata Gunung Pancar memberikan Kamu suatu obyek wisata alam yang komplit bersama dengan lokasi pemandian air hangatnya. Disamping itu, masih ada aktivitas menarik lain yang bisa Kamu lakukan di sana. Lokasi wisata ini berada di ketinggian 680 mdpl dengan sudut kemiringannya hingga 30%. Kamu bisa naik kendaraan pribadi tuk tiba ke lokasi pariwisata tersebut. Bentang vegetasi alam Gunung Pancar berisi dari belantara hutan alam dataran rendah, dan semak belukar.

Jelas saja, hawa sejuk dan panorama yang asri sangat kental terasa. Suhu udara pariwisata Gunung Pancar ini kisaran 24 derajat Celcius di saat malam hari dan di siang hari suhu optimal rata-rata 32 derajat Celcius.

Jawa Barat memang ngetop akan destinasi pariwisata alamnya. Tidak hanya Gunung Pancar, pun ada tempat pemandian air hangat lain semacam Walini Ciwidey, sampai Cipanas Garut. Ini tidak termasuk obyek wisata alam Jawa Barat yang tersohor, dari Puncak Bogor, Ciwidey, dan lain lainnya.

Legenda Gunung Pancar

Oleh warga setempat, Gunung Pancar diyakini menjadi pondasi bumi yang pertama. Konon saat bumi tercipta, tidak ada yang sebutannya gunung dan bumi terbilang rata dengan tanah. Oleh sebab itu di bumi kerap dilanda gempa. Melihat faktor bumi yang tak stabil, lalu diciptakanlah gunung menjadi pasak alias pondasi supaya bumi sedikit tenang. Demikianlah sebab kenapa gunung ini tersohor dengan julukan Pancar , yang berarti muncul yang pertama .

Untuk bisa masuk, Kamu jelas musti membayar karcis masuk pariwisata Gunung Pancar Bogor ini seharga Rp 2.000 per orang. Jika Kamu membawa kendaraan, bisa bayar biaya parkir seharga Rp 2.000. Sebagai satu-satunya destinasi pariwisata alam di Bogor, Gunung Pancar menyediakan pada Kamu panorama alami ciri hutan lindung dengan berjajar pohon-pohon pinus yang menakjubkan dan pohon lainnya. Disamping itu, telinga Kamu akan kerap mendengarkan suara-suara binatang yang tinggal bebas di wilayah tersebut.

Pemandian Air Hangat di Gunung Pancar

Air hangat Gunung Pancar bersumber dari mata air natural, yang dialirkan lewat pancuran ke kolam. Tidak sedikit wisatawan berkunjung dan menikmati pemandian air hangat Bogor di Gunung Pancar untuk mengusir pegal-pegal dan tubuh yang tidak segar. Air hangat ini mengandung zat sulfur dan mineral yang sangat baik tuk terapi otot.

Tak hanya pariwisata alam dan pemandian air hangatnya saja, kawasan pariwisata Gunung Pancar pun mempunyai tujuan pariwisata budaya yang unik. Disana ada kuburan keramat yang katanya sudah sangat tua. Sejumlah tokoh yang dimakamkan di lokasi tersebut, antara lain Raden Lawulung, H. Dalem Putih, Kalijaga, lalu sejumlah tokoh lokal. Di hari-hari tertentu, ada pun pertunjukan kesenian dan kebudayaan yang dipentaskan untuk para tamu.

Hotel di Gunung Pancar

Sejumlah hotel tidak jauh ke Gunung Pancar yang terkenal di kalangan pecinta travel, adalah Hotel Neo Green Savana Sentul City, serta HARRIS Hotel. Hotel ini berada di Sentul City, memiliki jarak dengan radius kira-kira 5 km dari lokasi wisata alam Gunung Pancar. Kamu bisa menghubungi pihak hotel ataupun mencari hotel dengan online.

Rute Perjalanan ke Gunung Pancar

Terdapat sebagian rute perjalanan yang bisa Kamu tempuh untuk bisa sampai ke daerah Taman Wisata Alam Gunung Pancar, entah itu dari Bandung, Bogor, ataupun Jakarta. Dari Jakarta, perjalanan untuk pergi ke Gunung Pancar bakal menempuh jarak hampir 44 km.

Jika Kamu dari arah Cawang, maka jalur perjalanan masuk ke jalan tol arah Bogor. Usai itu, ke tol Sentul City, lalu ambil ruas kanan ke jalan Sentul Raya. Sehabis menempuh jarak kira-kira 8 km, Kamu akan sampai ke bundaran yang cuma setengah, lalu ambil kiri. Dari sana, perjalanan pasti menempuh sejauh 600 m, lalu pilih kanan dan cari arah Babakan Madang. Berikutnya, ikuti patokan arah ke Jl. Sumur Batu. Dari sana, Kamu tinggal cari Jl. Uli dan melaluinya hingga menemukan Jl. Air Panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.