Danau Indah di Ciwidey, Situ Patenggang

Situ Patenggang berada di daerah dengan tinggi hingga 1600 mdpl, menyajikan Kamu pemandangan alam yang eksotis. Sejauh horizonada di depan saat mata memandang, terlihat gugusan perkebunan teh hijau bagaikan suatu karpet alam yang membentang indah hijau disana. Hembusan udara sejuk khas gunung dengan hangatnya matahari sampai kepada kulit ikut menambah daya tariknya. Pada awalnya, danau tersebut merupakan suatu kawasan cagar alam, tapi semenjak tahun 1981 situ atau danau dengan luas 45.000 ha ini resmi dimulai jadi satu taman wisata alam.

Bersumber dari bahasa Sunda, nama “situ” mempunyai arti danau serta “patengan” berarti silih mencari. Alkisah, ada satu kekasih anak manusia yang sama-sama mencintai, ialah Dewi Rengganis beserta Ki Santang. Tapi, keduanya terpisah bagi waktu yang lumayan lama. Lantaran rasa cinta yang amat mendalam, mereka mencari dan kemudian bertemu di suatu tempat yang sekarang terkenal sebagai Batu Cinta. Dewi Rengganis kemudian meminta dibuatkan satu danau dan kapal supaya mereka berdua bisa berlayar bersama. Hal tersebut dipenuhi oleh Ki Santang.

Cerita warga setempat mengatakan perahu itu sekarang ini ialah pulau Asmara hingga Pulau Sasaka yang bentuknya mirip hati. Dipercaya, sepasang kekasih yang berkunjung ke Batu Cinta serta mengelilingi Pulau Asmara bakal memperoleh cinta sejati serta abadi seperti yang terwujud terhadap Dewi Rengganis dengan Ki Santang.

Tuk bisa masuk ke wilayah wisata alam Situ Patenggang Ciwidey, Kamu musti bayar karcis Situ Patenggang seharga Rp 15.000 per orang. Ini tak termasuk tarif parkir kendaraan. Bila Kamu bawa motor, tarif parkir seharga Rp 5.000 dan tuk kendaraan mobil seharga Rp 15.000, dan bus seharga Rp 30.000.

Karakteristik Menarik Situ Patenggan

Ada tidak sedikit aktivitas menarik yang bisa Kamu lakukan di Situ Patenggang. Dari mengayuh sepeda air, menjelajah danau dengan naik perahu angsa, mancing, berkunjung ke Batu Cinta, mengitari Pulau Asmara, jalan berkeliling kebun teh, ataupun sebatas piknik di pinggir danau. Itulah sebab kenapa obyek wisata Ciwidey satu ini diminati menjadi salah satu tujuan wisata alam keluarga favorit di Bandung.

Satu dari banyak lokasi romantis Ciwidey Bandung ini pun adalah tujuan liburan yang fantastis bagi Kamu yang tengah dalam perjalanan bersama dengan pasangan tercinta. Cara cukup termashur yang dilaksanakan sepasang kekasih ialah berkunjung ke Batu Cinta dan mengitari pulau Asmara.

Tuk bisa mengitari pulau Asmara, Kamu musti sewa perahu. Pulau tersebut berada di bagian tengah-tengah danau dan tampak rindang dengan adanya banyak vegetasi.

Ada tidak sedikit perahu yang tersedia tuk pengunjung tiap harinya. Keadaan perahu sangat terawat dan nyaman dipakai ketika mengitari Situ Patenggang Ciwidey. Bila Kamu mau fasilitas air lainnya, ada pun boat, perahu dayung, serta sepeda air. Tiap-tiap kendaraan air itu ditawarkan dengan biaya sewa yang jelas bisa Kamu negosiasikan pada pihak penyedia.

Tidak sedikit keluarga maupun rombongan yang menghabiskan masa rekreasinya di daerah wisata alam Situ Patenggang tersebut dengan berpiknik di pinggiran danau. Kamu bisa memakai fasilitas gazebo ataupun banyak tempat duduk yang disediakan di sana. Sewa tikar merupakan cara yang cukup sering dilakukan pengunjung juga tuk bersantai bersama-sama kerabatnya. Biaya sewa tikar itu dapat ditebus seharga Rp 10.000.

Jika Kamu mau mandi air hangat, Kamu bisa pergi ke kolam air hangat Ciwidey yang tidak jauh tempatnya dari Situ Patenggang. Satu dari banyak pemandian air hangat yang tersohor ialah Walini Ciwidey.

Hotel di area Situ Patenggang Ciwidey

Ada tidak sedikit tempat menginap di kawasan wisata alam Ciwidey, dari hotel, resort, sampai aneka homestay. Sebagian penginapan tidak jauh Situ Patenggang dan lumayan populer diantaranya ialah Patuha Resort Kawah Putih, Villa Kampung Karuhun Sutan Raja.

Rute Perjalanan ke Situ Patenggang Ciwidey

Jalan ke tempat wisata alam Situ Patenggang Ciwidey Bandung terbilang cepat. Keadaan jalanan sangat baik dengan aspal. Jika Kamu dari Jakarta mau ke Situ Patenggang, Kamu bisa mengemudikan mobil melalui tol Kopo. Keluar dari tol Kopo, Kamu bisa sejalan dengan arah menuju Soreang, kemudian Ciwidey, sampai tiba ke Situ Patenggang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.