Jalan-jalan ke Wisata Bahari Karimunjawa

Kepulauan Karimunjawa yang terhimpun dari 27 pulau kecil memberikan Kamu keindahan wisata bahari yang mrngagumkan dengan beberapa rutinitas wisata yang memikat untuk melakukannya.

Dari sisi administratif, obyek wisata Karimunjawa merupakan bagian dari kawasan Jepara, Jawa Tengah, memiliki jarak kira-kira 82 km di sisi barat laut kota Jepara. Sekarang, Karimunjawa sudah jadi cagar alam laut yang di protek di Indonesia dan terkenal dinamakan sebagai Taman Nasional Karimunjawa.

Sebutan Karimujawa diberi oleh Syekh Amir Hasan yang dijadikan sebagai putera Sunan Muria dan pula murid Sunan Kudus. Lantaran nakal, putra serta murid dari penyebar Islam itu lalu dibuang ke kepulauan yang bila dari kejauhan cuma tampak samar-samar. Itulah sebab kenapa kepulauan ini lalu dinamakan dengan Karimunjawa.

Dari total pulau yang berada di Kepulauan Karimunjawa, ada 5 pulau yang berpenduduk, sedangkan sisanya kosong. Obyek wisata Karimunjawa mengandung hingga 90 karang-karang laut, melebihi 240 ikan, dan 134 genera akuatik. Secara menyeluruh, Karimunjawa mempunyai luas area 107.226 ha. Tidak cuma satwa laut, sebagian satwa darat pula akan Kamu temui, semacam kera, penyu, dan masih banyak lagi. Hal ini lantaran topografi wilayahnya tak sekedar didominasi pantai saja, tapi juga hutan mangrove juga hutan pantai.

Kegiatan Wisata di Karimunjawa

Ada banyak aktivitas dan kegiatan pariwisata seru yang bisa Kamu nikmati di Karimunjawa. Kamu butuh waktu beberapa hari tuk bisa memuaskan hasrat diri dengan mengeksplor beragam pesona yang terdapat di sana. Jika Kamu mempunyai waktu libur yang tak banyak, beberapa aktivitas berikut ini harus Kamu coba saat melaksanakan perjalanan pariwisata Karimunjawa di Jepara.

Berenang dengan Hiu

Obyek wisata Karimunjawa memberikan Kamu pengalaman dengan renang lalu bermain bersama ikan hiu. Yaitu blacktip reef shark, hiu yang nyaman dengan air dangkal berpasir, yang bisa Kalian temui saat berenang maupun snorkel di Pulau Menjangan Besar. Jenis hiu ini sangat jinak dan belum menyerang manusia. Besar panjang tubuhnya cuma 1,6 m. Kamu tak perlu merasa khawatir. Namun jika Perasaan khawatir Kalian masih tidak berkurang, cobalah tuk dapatkan sensasi renang dengan para hiu yang sedikit kecil.

Snorkeling

Kamu takkan pernah kesuntukan lokasi snorkeling saat pergi ke kepulauan ini. Ada tidak sedikit spot snorkeling istimewa yang beredar di beragam penjuru lokasi wisata Karimunjawa. Lokasi favorit bagi snorkeling, diantaranya Pulau Menjangan Besar, dan Pulau Menjangan Kecil. Seluruhnya mempunyai pemandangan yang mirip, pantai pasir putih secara air biru yang warnanya turquoise bening.

Jika Kamu mau mencari panorama terumbu karang dan ikan hias cantik, sangat banyak ada di Pulau Menjangan Kecil. Tapi karena dalamnya yang dangkal, tidak jarang turis yang menjalankan snorkeling disana sampai kepada karang-karang yang ada di lokasi. Ditakutkan, ini bakal menghalangi proses kelangsungan kehidupan terumbu karang.

Main ke “Gosong”

Ini bukan gosong atau terbakar. Gosong adalah istilah yang dipakai tuk mencerminkan daratan berpasir yang keluar ke atas laut saat air tengah surut kala pagi hari.

Di kabupaten wisata Karimunjawa, Kamu bakal amat mudah menjumpai banyak gosong. Akan tetapi gosong yang cukup favorit yakni Gosong Cemara yang berada dari timur Pulau Cemara Gede. Lokasi gosong ini pun memungkinkan Kalian tuk bersnorkeling ria menikmati panorama terumbu karang asri, atau jika hoki Kamu akan melihat penyu dan biota laut unik lainnya.

Diving di Bangkai Kapal Karam

Berwisata ke Pulau yang diberi nama Carribean of Java ini takkan lengkap bila Kalian tak menjajal aktivitas diving di lautnya. Takkan sia-sia bila Kamu mempersiapkan lisensi diving Kamu untuk menyusuri lebih dalam lagi surga bawah laut Kepualauan Karimunjawa yang sangat mempesona.

Rute Perjalanan ke Karimunjawa

Cara termashur ke Karimunjawa ialah dengan lewat jalur laut. Dengan naik kapal Bahari Express, Kamu pasti sanpai ke Karimunjawa kira-kira 2 jam lamanya dari pada Pelabuhan Kartini di Jepara. Bila pilih naik speadboat Kartini, Kamu bakal sampai sekitar 4 jam saja perjalanan. Sedangkan itu, naik perahu Muria membutuhkan waktu tempuh sampai 6 jam untuk mencapai pelabuhan Karimunjawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.