Obyek Wisata Menarik di Solo

Mencari obyek wisata di Solo tak sulit, sebab kota yang ada di Jawa Tengah mempunyai sangat banyak obyek wisata yang istimewa. Jika kalian tengah berlibur di Jogja, tidak ada salahnya kalian mampir ke Solo sebab jaraknya pun tak terlalu jauh, cuma 1.5 jam perjalanan dengan berkendara.

Di Solo, kalian bisa merasakan indahnya wisata alam, budaya, wisata sejarah, sampai wisata kuliner. Bagi kalian yang masih stress menentukan tujuan liburan kali ini, barangkali kalian bisa berpelesiran ke Solo. Berikut ada sejumlah obyek wisata di Solo yang dapat dikunjungi:

Tawangmangu

Obyek wisata Tawangmangu berada di kaki Gunung Lawu. Disana kalian bisa menikmati panorama alam yang bagus dan asri dengan hawa yang adem. Yang sangat menarik di wisata Tawangmangu yaitu adanya Grojogan Sewu, berupa air terjun dengan tinggi 80 m. Gemuruh dari air terjun bakal langsung menyapa kalian saat tiba di lokasi ini. Tidak hanya bisa menikmati keindahan air terjun, kamu juga dapat mencoba bermacam-macam wahana yang disediakan semacam flying fox, outbound, memancing, playground, dan lain-lain.

Pandawa Water World

Pandawa Water World adalah obyek wisata papan atas yang ada di Solo Baru, Kecamatan Sukoharjo. Obyek wisata ini bertipe taman dunia air yang sarat dengan petualangan dan mempunyai beraneka macam permainan menarik, antara lain Action River, Warm Spa, Wave Pool, Aerated Spa, Sight Tower, Fantastic Slide, dan seterusnya. Tuk berkunjung ke obyek wisata satu ini, kalian musti mengeluarkan dana untuk karcis masuk seharga Rp 100.000 per orang bila kalian berkunjung kesini di akhir pekan dan hari libur.

Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat adalah satu dari banyak ikon obyek wisata di Solo yang wajib kalian kunjungi. Keraton yang dibangun oleh Susuhunan Pakubuwono II di tahun 1744 itu berada dekat dengan alun-alun kota Solo. Area keraton mempunyai beranda yang berpasir dan khusus serta pasirnya diambil dari laut selatan. Didalam ruangan keraton ada museum tuk menyimpan benda-benda peninggalan historis kota Solo, antara lain pakaian raja-raja dahulu, alat-alat perang, serta kereta kuda.

Kompleks Makam Astana Giri Bangun

Kompleks Makam Astana Giri Bangun adalah satu kompleks pemakaman family presiden Orde Baru, yakni Bapak Soeharto. Lokasi pemakaman itu berada di Desa Girilayu, Karanganyar, kira-kira 34 km dari pusat kota Solo. Pemakaman ini ada di puncak bukit, pas dibawah Astana Mangadeg yang dijadikan sebagai kompleks pemakaman kaum raja Mangkunegaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published.