Pemandangan Indah Gunung Rinjani

Pesona Lombok menjadi lokasi pulau yang tersohor dengan tujuan wisata baharinya semacam Gili Trawangan serta Kuta Lombok, pun ada terhadap pesona pemandangan Gunung Rinjani yang menegangkan dan memberikan pemandangan indah nan menakjubkan dari ketinggian. Tak gampang menaklukkan Gunung Rinjani sebab Kamu musti melakukan pendakian melebihi 4 km, belum lagi melintasi halang rintang sepanjang pendakian.

Jika Kamu mau menikmati perjalanan ke Gunung Rinjani, hendaknya tak sebatas coba-coba. Kalian musti memiliki nyali yang kuat, kondisi fisik sehat, dan sedikit informasi dasar tentang pendakian gunung. Gunung Rinjani Lombok berada di sisi utara Pulau Lombok, adalah gunung paling tinggi di Provinsi NTB dengan tinggi hingga 3.726 mdpl. Gunung Rinjani yaitu juga gunung tertinggi ke-3 Indonesia.

Berdasarkan kisah lokal yang tumbuh, Gunung Rinjani adalah istana yang jadi tempat persemayaman ratu jin yang dikenal dengan Dewi Anjani. Dewi Anjani itu merupakan puteri salah seorang raja dikenal dengan Datu Tuan dan permaisurinya, Dewi Mas yang katanya berkuasa penuh di 1 kerajaan kecil di sekitar Pulau Lombok.

Terlepas sempurna atau tidaknya legenda Gunung Rinjani Lombok itu, obyek wisata kebanggaan warga NTB ini mengandung pesona alam yang eksotik dan mengesankan. Banyak sekali spot-spot menarik yang bisa Kamu temui di Gunung Rinjani, diawali dari bagian kawah, danau sampai aliran lava baru.

Air Terjun Gunug Rinjani

Beberapa lokasi wisata Gunung Rinjani dan digemari di kalangan turis, ialah Tetebatu, Sembalun, dan Senaru dengan keeksotisan alam gunung yang menawan. Ada sebuah spot lagi yang tidak kalah menarik dari Gunung Rinjani Lombok, yaitu Segare Anak, suatu danau yang berasal dari letusan Gunung Rinjani di zaman lalu.

Oleh warga lokal, danau ini kerap disebut menjadi laut sebab air danau itu memiliki warna biru jernih semacam air laut asli. Danau Segare Anak ada di ketinggian mencapai 2.800 m dan mengandung bermacam-macam ikan, semacam harper, ikan mujair, sampai ikan Mas. Lagi-lagi pendapat kepercayaan lokal, katanya Danau Segare Anak disebut mampu mengobati beraneka macam penyakit. Bahkan lokasi ini dahulu sering difungsikan lokasi ritual tuk mendapatkan ilmu dan benda-benda sakti.

Tidak jauh dari Danau Segare Anak, Kamu bisa jumpai satu gunung kecil yang diberi nama Gunung Baru. Tidak banyak orang yang sanggup menaklukkan puncak Gunung Baru itu karena sampai sekarang gunung itu selalu mengeluarkan gas.

Flora & Fauna Gunung Rinjani Lombok

Tidak hanya menonjolkan pesona pemandangannya yang eksotis, Gunung Rinjani Lombok pun menghadirkan kecantikan dunia flora & fauna. Di ketinggian atas 1.000 m sebelah selatan dan barat gunung, Kamu bisa menemukan beberapa tumbuhan yang belum banyak ditemukan di dataran rendah. Tumbuhan itu ialah Dysoxylum sp, Pterospermum, dan Ficus Superba.

Jika Kamu pergi sedikit ke atas lagi sampai di ketinggian 3.000 m, Kamu bakal menjumpai tumbuh-tumbuhan Cemara Gunung. Di ketinggian melebihi 3.000 m, tak banyak tumbuhan yang tinggal disamping hamparan rumput serta bunga Edelweiss. Jika Kamu mengalihkan pandangan ke timur, Kamu akan melihat pepohonan Akasia yang ada di sana.

Di Gunung Rinjani Lombok itu ada sekitar 109 jenis burung. Sebagian diantaranya ialah jenis burung yang tidak sedikit berada di Australia. Ada pula monyet, dan landak yang asalnya dari Bali. Bila Kamu berkunjung ke Pelawangan Sembalun, Kamu bakal menjumpai monyet ekor panjang yang gemar mengganggu pendaki. Umumnya komunitas monyet ekor panjang itu merusak bivak pendaki, lalu menilap makanan didalam tenda. Monyet ekor panjang itu amat cerdas juga berani.

Rute Perjalanan ke Gunung Rinjani

Ada 2 jalan tuk bisa menuju ke lokasi Gunung Rinjani Lombok, yakni lewat jalur udara dan darat, terserah dari mana Kamu mengawali perjalanan. Bila Kalian memulai perjalanan dari Banyuwangi, Kamu musti menuju Pelabuhan Gilimanuk dengan naik kapal ferry dengan biaya Rp 8.000 per orang. Dari Gilimanuk, perjalanan lanjut ke Terminal Ubung dengan naik bus dengan biaya Rp 40.000. Dari terminal Ubung, lanjut lagi ke Terminal Mandalika dengan harga Rp 25.000. Dari terminal Mandalika, berikutnya naik angkutan Elf ke Pasar Aikmel dengan harga Rp 20.000. Di pasar itu, Kamu bisa membeli keperluan logistik sebagai perbekalan sepanjang hiking ke Gunung Rinjani.

Leave a Reply

Your email address will not be published.