Pesona Indah Pantai Siung Gunungkidul

Jogja tidak hanya tersohor dengan wisata kebudayaan dan sejarah, tapi juga populer dengan wisata baharinya, satu diantaranya adalah Pantai Siung. Pantai itu berada di Kecamatan Tepus, Gunung Kidul yang memiliki jarak 98 km dari kota Jogja dan bisa ditempuh dalam kurun waktu kira-kira 2 jam lamanya. Walaupun pantai ini tempatnya berada di area yang sangat terpencil dengan akses jalan yang lumayan sulit, tapi kalian takkan menyesal sebab pemandangannya amat luar biasa.

Pantai Siung Gunungkidul

Pantai Siung mengantongi keunikan istimewa dengan bebatuan karang raksasa yang banyak di sisi barat san timur pantai. Bebatuan karang itu jadi saksi cerita masa lalu tentang kejayaan pantai yang daya tariknya sudah dikenal di kawasan Asia. Katanya, wilayah Siung pada zaman dahulu ialah pusat perdagangan di daerah ternama GunungKidul.

Disamping itu, karang-karang yang eksotis itu juga sudah lama menarik minat dunia serta sering dijadikan menjadi area panjat tebing berkelas internasional. Nah, bagi kalian penggemar olahraga ekstrim satu ini amat tepat bila datang ke Pantai Siung dan menjajal sensasi panjat tebing di batu karang raksasa pantai Siung.

Kawasan Siung sungguh surganya bagi kaum panjat tebing. Sekarang ini, kawasan itu mempunyai kira-kira 250 jalur panjat tebing dari level kesulitan dan keunikan yang bervariasi. Tentunya hal ini jadi kabar bermanfaat bagi kalian hingga bisa mencoba beraneka medan yang sepantas dengan kemampuan tuk memacu adrenalin.

Di sore hari, kalian bisa menikmati keindahan sunset dari puncak tebing. Pastinya amat menarik, kan? Tidak hanya tempat panjat tebing semata, fasilitas lainnya yang disediakan di tempat ini ialah ground camp. Dengan tersedianya fasilitas ini, kaum pecinta alam boleh mendirikan tenda-tenda dan menyalakan api unggun namun tak merusak lingkungan dan habitat penyu yang terdapat di sekitar lingkungan.

Disamping itu juga ada suatu rumah panggung yang lumayan besar dan dibangun dari kayu. Umumnya rumah panggung ini difungsikan base camp oleh kaum pecinta alam. Tapi harus waspada sebab di malam hari umumnya akan banyak sekali gerombolan monyet yang turun dari atas tebing. Pantai Siung sungguh menyajikan satu pariwisata pantai yang sarat dengan sensasi petualangan. Tuk mencapai kawasan pantai ini, seharusnya kalian naik kendaraan pribadi, sebab transportasi umum amat sulit ditemukan.

Tapi sebelum berangkat menuju lokasi, kalian harus cek lebih dulu performa alat transportasi supaya tetap didalam kondisi efektif mengingat jalan ke pantai ini lumayan sulit dengan tanjakan serta tikungan tajam. Walaupun kondisi jalanan telah beraspal mulus tapi kalian tetap perlu berhati-hati. Biaya tiket masuk ke Pantai Siung Gunungkidul hanya Rp 20.000 itu sudah termasuk parkir kendaraas selama berpergian kesana. Dan jadwal operasionalnya dari pagi jam 8 hingga ja, 4 sore.

Leave a Reply

Your email address will not be published.