Pesona Indah Wisata Alam Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu dari beberapa obyek wisata di Bandung cukup populer. Obyek wisata satu ini bisa diakses dari Jl. Raya Soreang-Ciwidey dan berada tak jauh dari Situ Patenggang Ciwidey. Dari tengah-tengah kota Bandung, memiliki jarak 50 km ke selatan kota Bandung.

Dari sisi geografis, Kawah Putih ada di kawasan pegunungan dengan tinggi hingga 2.400 mdpl. Tak heran bila suhu udara di sekitar obyek wisata Kawah Putih ini merasa dingin dengan hawa yang sejuk. Suhu udara harian Kawah Putih bahkan bisa menduduki angka 8 derajat Celcius. Oleh sebabnya, jangan lupa tuk bawa jaket ataupun sweater tebal saat berkunjung ke pariwisata Kawah Putih Ciwidey.

Kisah mengenai Kawah Putih ini dikenal dari awal abad ke-10. Di zaman lalu, berlangsung suatu letusan Gunung Patuha yang amat hebat. Usai letusan, ada kejadian aneh yang mana sekawanan burung terbang melintasi Kawah Putih ini dilihat mati. Itulah sebab di masa itu warga setempat beranggapan bahwa area itu adalah kawasan yang cukup angker.

Seiring berjalannya waktu, tempat angker itu perlahan-lahan sirna. Khususnya pasca 1837, satu ahli botani asal dari Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, mengerjakan penelitian di lokasi Ciwidey dan kesudahannya sampai di puncak Gunung Patuha dan menemukan keberadaan danau putih yang amat indah. Dari danau itu, tercium aroma sulfur yang amat menyengat. Sejak kala itulah obyek wisata Ciwidey ini sudah diekspos ke publik.

Obyek wisata Kawah Putih Ciwidey sebenarnya merupakan suatu danau yang tercipta dari hasil meletusnya Gunung Patuha. Seperti nama yang diabadikan padanya, tanah di wilayah obyek wisata ini memang warnanya putih. Warna putih itu asalnya dari perpaduan unsur belerang. Disamping itu, air danau pun memiliki warna putih sedikit hijau dan warna danau itu bisa berubah sejalan dengan faktor cuaca, kadar belerang, dan tinggi rendahnya suhu.

Kawah Putih Ciwidey di buka tuk umum tiap hari, dari jam 7 pagi sampai 5 sore. Kamu bisa berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey kapanpun Kamu suka, tidak ada perbedaan biaya tiket masuk di hari apapun seharga Rp 15.000 per orang. Tapi jika Kamu bawa kendaraan, maka bakal dipungut biaya parkir berdasarkan dengan jenis alat transportasi yang Kamu gunakan termasuk juga lokasi parkir.

Ontang-anting Ciwidey

Ada 2 area parkir di kawasan pariwisata Kawah Putih Ciwidey ini, yaitu parkir bawah dan parkir atas. Parkir atas disediakan bagi siapa saja yang mau membawa kendaraan hingga di kawah, tapi parkir atas ini tak mendukung tuk kendaraan bus. Sejenak di parkir bawah, kendaraan hanya tiba di gerbang dan lanjutan ke Kawah Putih lanjut dengan fasilitas transportasi yang disediakan di sana, yaitu ontang-anting. Harga naik ontang-anting tergolong murah, hanya bayar Rp 13.000.

Ada tidak sedikit aktivitas menarik yang bisa Kamu lakukan di obyek wisata alam Kawah Putih Ciwidey. Mulai dari merasakan keindahan kawah, hicking, naik kuda, melukis, potret, bahkan kepentingan pre-wedding. Pemandangan alam di Kawah Putih sangat mempesona. Sejauh memandang horizon, tampak tanah yang warnanya putih bagaikan salju. Tapi, mengingat kandungan sulfur yang terbilang tinggi di lokasi ini, Kamu disarankan tuk membawa masker.

Juga, wisatawan disarankan tuk tak berlama-lama di sekitar Kawah Putih sebab bisa mengganggu pernafasan. Untuk gantinya, Kamu bisa mendaki dan menghirup hawa segar di kaki Gunung Patuha itu. Disamping itu, memakai sunblock pun direkomendasikan untuk menghindari sengatan dari sinar mentari.

Hotel Area Kawah Putih Ciwidey

Dalam jangkauan sampai 10 km dari wisata alam Kawah Putih di Ciwidey, disediakan banyak penginapan, dari resort, villa, homestay dan hotel. Beberapa diantaranya, seperti Albis Hotel Ciwidey, sampai Sutan Raja Hotel & Convention Centre. Tuk mendapat penginapan, barangkali Kamu musti melakukan booking sebelumnya supaya mendapat kamar kosong, khususnya pada saat musim libur.

Rute Perjalanan ke Kawah Putih Ciwidey

Akses ke Kawah Putih di Ciwidey itu terbilang gampang, baik naik transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Ada tidak sedikit petunjuk jalan yang bakal mengantarkan Kamu ke lokasi Kawah Putih. Jika Kamu dari Jakarta mau ke Kawah Putih, hanya ambil rute tol Cipularang dan keluar melalui pintu tol Kopo. Selesai keluar tol, teruskan perjalanan menuju Soreang, kemudian Ciwidey, dan kesudahannya sampai di Kawah Putih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.