Pesona Wisata Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan satu dari banyak wisata bahari yang jadi primadona di daerah Sukabumi. Pantai yang ada dari pesisir Samudera Hindia itu tidak sedikit dikunjungi oleh pengunjung kala menghabiskan saat liburan mereka. Ombaknya paling diminati karena amat besar, dan pemandangan alamnya sangat menakjubkan.

Perpaduan diantara pantai yang landai serta curam, terpaan ombak, bebatuan karang begitu terjal, dan hutan cagar alam yang hijau sangat eksotis. Mengingat pesona itulah, Presiden Soekarno juga mendirikan tempat istirahat beliau di Tenjo Resmi di tahun 1960. Disamping itu, beliau pun berinisiatif tuk mendirikan hotel mewah awal di Indonesia, yakni Samudera Beach Hotel.

Pelabuhan Ratu tidak pernah terlepas dari mitologi Nyi Roro Kidul, yang diyakini menjadi Ratu Penguasa di Laut Selatan. Walaupun terdengar mistis, namun hal itu tidak menghalangi para pengunjung bagi menjadikan Pelabuhan Ratu menjadi tempat wisata yang mengasyikan. Ombaknya yang kencang memang kurang aman tuk berenang di dalam air lautnya, tapi jadi favorit pengunjung yang hobi surfing. Biasnaya mereka yang surfing ini dari wisatawan dalam negeri dan para turis.

Di kawasan ini ada beberapa lokasi surfing yang bisa ditaklukkan, misalnya Karang Sari, Karang Haji, Batu Garam, Cimaja, Sunset Beach, Indicato, Ujung Genteng serta Ombak Tujuh. Lokasi-lokasi tersebut umumnya ramai didatangi wisatawan kepada bulan Mei sampai Oktober. Pantai Pelabuhan Ratu pun menjadi lokasi pelelangan ikan yang menyediakan pilihan-pilihan jenis ikan laut fresh, semisal ikan bawal, layur, cakalan, dan sebagainya.

Jika mau mendapat ikan-ikan itu, kalian bisa berpelesiran kira-kira pukul 11.00-13.00 kala kapal-kapal penangkap ikan pulang melaut. Di bulan April, kalian tersedia kesempatan tuk memandang upacara ritual Hari Nelayan yang digelar warga setempat. Ritual itu dimaksudkan sebagai perumpamaan rasa syukur terhadap rezeki yang sudah dilimpahkan kepada mereka dari hasil melaut.

Disamping itu juga supaya terhindar dari bala. Upacara ritual itu umumnya dilakukan dengan melarung sesajen berbentuk kepala kerbau ke tengah-tengah laut. Fasilitas yang disediakan di kawasan pantai itu lumayan lengkap, misalnya mushola, taman main anak, area parkir, dan tempat jajanan yang menyediakan bermacam-macam jenis cemilan.

Ingin beli oleh-oleh tuk teman dirumah? Tidak perlu risau sebab disini pun ada deretan kios-kios yang menyediakan berbagai souvenir, baju, dan buah tangan khas Sukabumi. Jika mau bermalam, kalian bisa menyewa penginapan ataupun hotel dari pilihan-pilihan kelas, dari kelas melati sampai berbintang pun ada. Pantai Pelabuhan Ratu memiliki jarak kira-kira 60 km dari tengah-tengah Kota Sukabumi.

Kalian belum tahu arah ke wisata bahari Pantau Pelabuhan Ratu? Sekarang zaman modern dan pastinya kalian memiliki Ponsel pintar atau samrtphone bukan? Silahkan cek disana. Untuk karcis masuk dipungut berdasarkan kendaraan yang kalian kendarai, untuk mobil dipungut sebesar Rp 20.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.