Virus HPV Penyebab Utama Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker ganas yang tercipta didalam jaringan serviks alias leher rahim. Ada sejumlah jenis kanker serviks. Jenis yang sangat umum dikenal ialah SCC atau squamous cell carcinoma, Kanker serviks diprediksi dikarenakan oleh HPV atau Human Papilloma Virus. Tapi, tidak sedikit yang bertanya apa Virus HPV penyebab awal kanker serviks?

Berdasarkan dari penelitian satu dari beberapa rumah sakit di Singapura, Infeksi virus HPV adalah penyebab utama tumbuh dan berkembang kanker serviks, kira-kira 80% dari semua jenis kanker serviks dikarenakan oleh virus HPV. Jenis-jenis lain kanker serviks semacam small cell carcinoma, adenocarcinoma, dan lain-lain, dijadikan sebagai jenis kanker serviks langka yang tak terkait pada HPV. Beberapa jenis kanker yang sudah disebutkan, tak bisa ditanggulangi semacam SCC.

Terinfeksi virus HPV adalah sebab sangat umum terjadinya penyakit kanker serviks. Virus-virus itu ditularkan lewat hubungan seksual, entah oral ataupun anal.

Tiap wanita yang dinamis secara aktif seksual mempunyai resiko mengalami kanker serviks. Sedangkan wanita dengan pasangan seks melebihi satu mempunyai risiko yang kian besar. Wanita yang melaksanakan hubungan seks tiada pelindung menjelang usia 16 tahun mempunyai tingkat risiko tertinggi. Virus itu dijumpai terhadap 77% perempuan yang terkena HIV positif.

Virus HPV merupakan mikroorganisme kecil yang memiliki ukuran 56 mm dan mempunyai lebih dari puluhan tipe HPV yang bisa menginfeksi kulit hingga memunculkan kutil. Virus HPV berkembang biak dan bertahan menyerbu sistem imun tubuh hingga memicu kanker serviks. HPV adalah sebab utama terciptanya kanker serviks yang mana virus itu menetap didalam serviks selama bertahun-tahun, merubah gradasi genetik sel serviks, yang merubahnya jadi dysplasia atau perkembangan sel abnormal. Sejalan dengan waktu, bila tak melakukan tindakan, dysplasia yang makin parah bisa dan pasti berkembang jadi kanker serviks. Oleh karena itu kenali gejala dan tanda dari kanker serviks tersebut tuk pencegahan dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.