Wisata Bahari Favorit Gunungkidul, Pantai Pok Tunggal

Pesona kecantikan puluhan pantai yang terbentang pinggiran pesisir Gunungkidul Jogja seolah olah sebagai surga tersembunyi di balik layar gugusan bukit kapur yang pada saat ini tak jauh dengan Gunungkidul. Perjalanan dari tengah-tengah kota Jogja menuju ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul tergolong lumayan mendebarkan, khususnya usai melintasi Kota Wonosari ke lokasi pantai.

Di 2 km terakhir sesaat sebelum sampai lokasi, jalanan lumayan sulit, tidak lebar,dan lebih banyak sekali belokan, bahkan lebih terjal. Sekali-kali adrenalin bakal terpacu ketika melintasi jalanan bekelok-kelok tajam dengan rekahan karang raksasa menjorok pas di atas kepala. Sungguh panorama yang tampak masih amat alami.

Luasnya bentangan pasir putih yang sekali-kali disapu ombak biru menerjang tenang semacam penawar rasa bosan yang ampuh lalu membawa kalian larut ke dalam suasana yang sangat damai. Jauhnya perjalanan dan waktu tempuh, jalanan begitu terjal dan bertikungan tajam sekejap akan klaian lupakan dan dalam seketika menghiasi keceriaan di hati saat menikmati pemandangan pantai.

Pohon Duras di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Tepat di pinggir pantai ada sebatang pohon Duras lalu jadi ikon wisata bahari Pantai Pok Tunggal Gunungkidul itu. Itulah salah satu pohon tunggal yang katanya menginspirasi pemberian julukan pantai itu jadi Pok Tunggal, yang maknanya Pohon Tunggal. Pohon Duras ini tergolong rindang, tapi menurut warga setempat katanya pohon ini amat susah tumbuh.

Oleh lantaran itu saat pohon tumbuh subur, kemudian keberadaannya begitu dijaga oleh warga lokal. Kesuburan pohon Duras itu disebut jadi lambang kemakmuran warga setempat.

Aktivitas Menarik di Pantai Pok Tunggal

Diantara tebing-tebing yang beredar di sekitar Pantai Pok Tunggal, Kamu masih bisa menjumpai beragam primata liar yang tinggal di sana. Sebagian diantaranya ialah sekawanan monyet liar yang sekali-kali terlihat meloncat diantara tebing di arah timur pantai itu.

Di Pantai Pok Tunggal pun ada satu mata air tawar. Mata air tersebut kemungkinan berasal dari aliran air sungai bawah tanah yang sungguh sebagai ciri khas lokasi bukit karst. Mata air tersebut kemudian digunakan warga setempat tuk memenuhi keperluan sehari-hari, apalagi yang membuat warung makan di daerah pantai.

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul sebenarnya adalah obyek wisata pantai yang terbilang bisa dikembangkan lagi jadi suatu destinasi pariwisata yang tersohor mengingat kecantikan panoramanya yang istimewa. Sebagian hal fundamental yang harus dihadirkan dengan makin baik, seperti penambahan penerangan, homestay, atau tempat makan. Pantai yang berada di posisi antara Pantai Indrayanti dengan Pantai Siung merupakan satu dari beberapa deretan pariwisata pantai Gunungkidul yang memberikan sejuta pesona untuk siapapun yang menjelajahinya.

Rute Perjalanan ke Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berada di Kecamatan Tepus. Kamu bakal memerlukan waktu perjalanan sepanjang 3 jam lamanya dari tengah-tengah kota Jogja tuk bisa tiba di kawasan pantai itu. Sekarang sudah ada banyak petunjuk jalan dari Jogja ke Pantai Pok Tunggal, jadi kamu tak perlu lagi khawatir tersesat. Bila naik mobil pribadi dari Jogja tinggal ikuti saja petnjuk jalan ke Imogiri, lalu menuju arah ke Pantai Baron. Setelah itu sebelum sampai belok kiri ke arah Pantai Indrayanti. Ada jalanan dikiri sudah diaspal, beloklah. Dan tinggal ikuti jalan lagi menuju Pantai Pok Tunggal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.