Wisata Bahari Gunungkidul, Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti Gunungkidul, itulah satu lagi wisata bahari di Jogja yang harus Kamu kunjungi dari Kabupaten Gunungkidul. Wisata bahari Pantai Indrayanti, begitu warga lokal dan kalangan wisatawan mengatakan pantai yang cantik dan romantis itu. Nama pantai itu didengar agak aneh, lantaran namanya lebih mirip wanita Jawa. Pantai berada di Desa Tepus, tersebut berdampingan juga dengan tujuan populer lain di Gunungkidul, misalnya Pantai Baron.

Lokasi Pantai Indrayanti Gunungkidul berada pas di sisi timur dari Pantai Sundak. Mereka dibatasi oleh bukit karang. Pantai Indarayati memberikan keindahan pemandangan yang unik daripada pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Tak hanya bentangan pasir putih yang menggetarkan hati atau kemegahan bukit batuan karang, jernihnya air laut pun terlihat biru seolah olah mengajak para wisatawan tuk renang didalamnya.

Kisah Dibalik Nama Pantai “Indrayanti”

Pemberian nama Indarayanti ini diilhami dari nama pemilik satu restoran yang berada di kawasan itu. Hal ini bermula dari papan nama Indrayanti yang terpajang di hadapan restoran hingga kemudian orang lebih kenal pantai itu dengan Pantai Indrayanti.

Pemberian nama tersebut sempat merekrut kontroversi sebab pemerintah Kabupaten Gunungkidul sudah memberikan nama pantai itu, yakni Pantai Pulang Syawal. Sedangkan, nama Indrayanti terlanjur terkenal di kuping warga setempat dan wisatawan. Pada kesudahannya, pantai di Jogja yang dikenal terbersih ini lebih tersohor dengan panggilan Pantai Indrayanti.

Campur tangan aktif pihak swasta yang turut serta manfaatkan bagian didalam management Pantai Indrayanti Gunungkidul sangat membawa efek positif. Hal ini bisa tampak dari keseluruhan wilayah pantai yang terawat kebersihannya, bahkan sampai sepanjang garis itu pantai terbebas dari sampah. Hal itu bukan tiada sebab. Pihak management pantai tidak segan-segan menentukan denda ataupun hukuman bagi para pengunjung yang buang sampah secara sembarang. Itulah salah satu argumen di balik layar kebersihan Pantai Indarayanti Jogja itu.

Kuliner di Pantai Indrayanti

Rasa nyaman dan kebersihan merupakan misi pengelola tuk merawat supaya kawasan wisata Pantai Indrayanti belum kotor. Suatu hal yang jelas saja patut diteladani banyak sekali wilayah wisata alam serta pantai Indonesia. Ini ikut juga menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran diri kaum wisatawan tuk tak hanya memuaskan ego pariwisata saja, tapi ikut juga menjaga dari kebersihan alam.

Tidak kalah dengan Pantai Parangtritis maupun Malioboro yang dilengkapi hidangan kuliner, obyek wisata Pantai Indrayanti pun menawarkan setumpuk hidangan yang menggoda perut wisatawan tentunya. Di kawasan ini, Kamu tak hanya dimanjakan oleh kecantikan wisata pantai, tapi juga bisa dengan leluasa menikmati bermacam-macam jenis kuliner yang terdapat di sana. Kamu bisa menjumpai sajian nasi goreng, soto, dan masih banyak lainnya. Namun tentu saja menu yang disuguhkan lebih didominasi oleh masakan laut mengingat tempatnya yang ada di kawasan pantai.

Tidak hanya cafe dan resto yang menyempurnakan pesona Pantai Indrayanti, pun ada beberapa penginapan bagi Kamu yang mau menghabiskan waktu berlibur di pantai berombak lumayan damai ini. Mulai dari restoran, café, sampai penginapan di wisata bahari Pantai Indrayanti, seluruhnya didesain mengarah ke arah pantai. Itulah sebab pengalaman makan dan istirahat terasa sangat menyenangkan disana.

Suasana Alam Pantai Indrayanti

Selesai menikmati suguhan kuliner di resto yang terdapat di Pantai Indrayanti, Kamu bisa menjajal pengalaman lainnya dengan jalan ke bukit di timur. Di sana tak ada akses khusus, artinya Kamu perlu sedikit ekstrim dengan memasuki semak dan menerobos perdu juga sesekali manjat karang. Barangkali agak melelahkan, tapi ketahuilah bahwa semuanya akan terbayar lunas tatkala Kamu sampai di puncak bukit itu.

Dari puncak, Kamu bisa menyaksikan bentangan Samudera Hindia yang sangat luas terhampar sepanjang mata memandang horizon ke depam. Burung camar sekali-kali terbang melintasi dengan paruh menghantarkan ilalang tuk membuat sarang diselingi dengan desahan angin laut serta gemuruh ombak, sungguh bagaikan orchestra alam yang sangat memikat hati. Cantik dan menenangkan. Ketika senja tiba, disinilah waktu terbaik tuk mendapat sunset di wisata bahari Pantai Indrayanti yang sangat memikat.

Rute Perjalanan ke Pantai Indrayanti

Tuk menuju ke Pantai Indrayanti Gunungkidul, perjalanan tergolong gampang karena jalan sudah diaspal halus. Tapi Kamu tetap disarankan tuk bawa kendaraan sendiri ataupun menyewa kendaraan, karena dari pusat Jogja masih tidak tersedia angkutan umum yang bisa menghantarkan Kamu ke kawasan Pantai Indrayanti.

Jika Kamu mengawali perjalanan dari pusat Jogja, kamu bisa ke arah Piyungan dan langsung ke Jl. Jyai Legi. Dari sana jika masih bingung dengan petunjuk arah bisa menanyakan ke warga sekitar. Langsung ke Wonosari, dari sana sebelum ke Pantai Baron pilih jalan arah timur dan kamu bisa sampai langsung ke Pantai Indrayanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published.