Wisata Bahari Indonesia, Pantai Batu Karas Pangandaran

Berada di wilayah Pangandaran, Jawa Barat, wisata bahari Pantai Batu Karas merupakan akulturasi antara Pantai Batu Hiu juga Pantai Pangandaran sebab ada di garis pantai yang tidak beda. Pantai Batu Karas itu amat cocok tuk liburan keluarga dan pula dikatakan sebagai satu dari beberapa tempat surfing yang mengasyikan.

Sebagian dari kalangan banyak yang mengatakan Pantai Batu Karas menjadi Bali Kecil. Itu sebab pantai tersebut memberikan pengalaman surfing yang nyaris sama. Pantai itu memiliki jarak tidak kurang 40 km dari tengah-tengah kota Ciamis. Bentangan pasir hitam sepanjang pantai serta gemuruh ombak yang sekali-kali menggerus separuh pasir merupakan panorama yang khas.

Jika disandingkan dengan Pantai Pangandaran, lalu jumlah kedatangan wisatawan ke Pantai Batu Karas masih relatif sepi. Itu pula yang mejadikan Pantai Batu Karas digemari beberapa kalangan pecinta travel yang menikmati nuansa rileks dan damai.

Untuk bisa masuk, Kamu bisa bayar tiket masukke wisata bahari Pantai Batu Karas dengan harga untuk pejalan kaki seharga Rp 5.000 per orang. Jika kamu membawa kendaraan akan dikenakan biaya tambahan untuk sewa lahan parkir, bila naik sepeda motor seharga Rp 8.000 dan bila naik bus seharga Rp 50.000.

Kegiatan Menarik di Pantai Batu Karas

Di kalangan surfer, Pantai Batu Karas bukan nama yang tak pernah didengar. Daripada pantai lainnya, Pantai Batu Karas tergolong cukup datar. Pantai itu juga mempunyai satu teluk kecil hingga para surfer tak perlu repot mendayung begitu jauh menuju ke titik pertama gelombang.

Kalian bisa menjumpai tidak sedikit sewa perlengkapan surfing disana, juga sekaligus bersama instruktur profesional yang bakal mengajarkan seluruh hal tentang surfing, khususnya bagi amatir. Ada 3 lokasi di Pantai Batu Karas yang sepanjang ini jadi lokasi favorit para surfer, yakni Bulak Pendak, Karang, dan Legok Pari. Di Bulak Pendak, ombak yang menyerang bisa menghasilkan dinding besar dan panjang.

Sangat dianjurkan tidak lebih dari surfer profesional yang menjajal tempat ini mengingat ombaknya sangat tinggi. Tapi tuk mencapai lokasi Bulak Pendak, surfer musti sewa perahu lebih dulu. Sementara Legok Pari merupakan lokasi yang sangat populer lantaran terbilang cukup aman karena ombaknya yang tak begitu tinggi. Dengan begitu, amat cocok tuk pemula.

Dan penghujung merupakan Karang. Secara harafiah, Karang mempunyai arti batu. Nama ini kemungkingan besar mengacu dari overnya batu-batu di sekeliling pantai. Kesempatan tuk surfing di lokasi ini hanya bisa dilakukan saat air laut tengah pasang saja.

Pantai Batu Karas bukanlah tujuan dari para surfer saja, namun juga dijadikan sebagai pantai yang cocok tuk mereka yang mau menikmati rutinitas wisata bahari dengan main jet sky, dan naik delman di pantai. Bagi Kamu yang suka petualangan, wilayah Batu Karas memberikan beberapa tempat yang bisa digunakan tuk bertualang, berkemah, dan hiking. Jika mau petualangan yang menegangkan, Kamu bisa meminta melibatkan warga setempat dan berangkat ke Karang Nunggal, yakni suatu pantai kecil dan terpencil. Di pantai itu, panorama terlihat sangat menawan dengan batu-batuan tinggi dan kuat.

Secara global, kawasan wisata bahari Pantai Batu Karas di kawasan Pangandaran ini merupakan tujuan liburan yang ideal bagi siapa saja. Kamu bisa jalan-jalan menjelajahi pantai sambil menanti kesempatan melihat sunset mendarat di sana. Kamu pula bisa singgah di warung tepi pantai sebatas menikmati satu cangkir kopi. Sebagai destinasi wisata keluarga, Kamu bisa menyaksikan anak-anak Kamu bermain pasir dan renang di tepi Pantai Batu Karas dan membuat istana dari pasir, ataupun hanya sekedar berjemur.

Toko Souvenir dan Kuliner

Jika Kamu mau membeli cinderamata atau souvenir, di sekeliling Pantai Batu Karas bertengger pertokoan souvenir yang menjual aneka T-shirt, baju renang, serta sejumlah jenis kerajianan tangan diproduksi dari kerang maupun barang-barang laut yang lain. Jangan ragu tuk menawar harga bila Kamu mau beli satu maupun sejumlah souvenir. Mau menenangkan perut yang teriak-teriak sejak bermain air? Di Batu Karas pun ada tidak sedikit restoran dan rumah makan dengan suguhan kuliner laut dan kuliner lokal.

Beberapa restoran bisa Kamu temukan di hotel-hotel. Jika mau menikmati suguhan kuliner lainnya, semacam seafood maupun masakan khas Sunda, Kamu bisa pergi ke warung makan di daerah Pantai Batu Karas.

Hotel di Pantai Batu Karas

Di sekeliling pantai sudah disediakan tidak sedikit hotel dengan tarif per malam yang bermacam-macam. Beberapa hotel pun menyediakan cottage juga bungalow. Jika Kamu mau mengetahui lebih dalam lagu mengenai adat dan kebiasaan warga lokal, Kamu bisa sewa rumah penduduk disana. Sejumlah hotel yang terdapat di sana barangkali cocok tuk Kamu, semacam Hotel Pondok Putri, Bonsai Bungalows, Villa Monyet, serta Hotel Sindang Asih.

Rute Perjalanan ke Pantai Batu Karas

Tuk menuju ke obyek wisata bahari Pantai Batu Karas Pangandaran, Kamu bisa naik kendaraan pribadi ataupun mobil sewaan. Sesampai di sekitar Pangandaran, pilih arah ke Cijulang. Sangat kecil kemungkinan Kamu akan tersesat karena ada banyak petunjuk jalan ke pantai Batu Karas.

Jika Kamu menentukan naik transportasi umum, maka Kamu musti tiba dulu di terminal Pangandaran. Dari terminal tersebut, perjalanan diteruskan dengan naik minibus destinasi Cijulang. Sesampai di Cijulang, satu-satunya angkutan yang bisa membawa Kamu hingga ke Pantai Batu Karas ialah dengan naik ojek bertarif kira-kira harga tawar paling murah untuk satu motor Rp 35.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.