Wisata Bahari ke Pacitan, Pantai Klayar

Tahukah Kamu, pantai Klayar Pacitan menjadi wadah sekian banyak keindahan alam yang mengesankan. Kamu bisa menjumpai pesona dan keeksotisannya di hamparan pasir putih, terdapatnya karang raksasa bagaikan Sphinx, air mancur natural hingga tingginya 10 m, dan batu-batuan karang dengan rupa yang unik dan sajian seruling samudera.

Dari sisi administratif, pantai Klayar Pacitan berada di Donorojo. Dari central kota Pacitan, pantai Klayar bisa ditempuh dengan jauh 39 km ke arah barat kota Pacitan, membutuhkan waktu hingga 60 menit.

Pantai Klayar merupakan satu dari banyak pantai Jawa Timur yang menggoda. Popularitasnya memang tak terlalu sepopuler Goa Gong Pacitan maupun Pantai Teleng Ria. Tapi secara umum, pantai tersebut telah terkenal dikalangan warga Jawa Timur sebagai satu-satunya tujuan wisata pantai yang istimewa.

Persoalan infrastruktur pariwisata sudah diantisipasi oleh Pemda dan dieksekusi didalam rencana mengembangkan pariwisata Pacitan. Pembangunan pariwisata itu memang penting lantaran lalu lintas kedatangan para pecinta travel ke pantai Klayar Pacitan memperlihatkan tren yang naik dari masa ke masa.

Di hari-hari normal, Kamu mungkin cuma menjumpai kalangan penangkap ikan lokal yang beraktivitas disana. Namun di hari libur, pantai Klayar merupakan satu diantara yang favorit didatangi wisatawan dalam negeri, sebagian diantaranya ialah turis.

Sesampai di pantai Klayar, Kamu bisa melihat 2 karang dengan tinggi seperti pohon kelapa di sebelah timur pantai. Karang itulah yang jadi ikon pantai Klayar Pacitan. Kepada bagian belakang karang itu, ada karang lain yang menghalau serangan ombak laut selatan. Suatu hal yang ramai, diantara karang tersebut berada satu karang raksasa bisa dikatakan identik dengan obyek wisata bahari Tanah Lot Bali.

Pesona Pantai Klayar Pacitan

Di pantai Klayar, Kamu bisa menemukan satu hal unik, yaitu seruling samudra. Seruling samudera tersebut adalah panggilan tuk fenomena dimana ada cekungan yang terdapat di bagian bawah tebing ataupun batuan yang berada di pantai. Ketika cekungan itu diterjang ombak laut, kemudian air laut keluar menyemprot ke permukaan lewat sela-sela bebatuan dan menciptakan bunyi indah bagaikan bunyi seruling tiup.

Hal unik lainnya ialah Kamu bisa menemukan patung yang mirip dengan rupa Sphinx seperti yang ada di Mesir. Karakteristik ini tercipta akibat jumlah tebing-tebing tinggi di wilayah wisata bahari pantai Klayar yang bila dilihat dari jauh, menyajikan pemandangan bagaikan patung Sphinx. Kamu tentu saja bisa mendaki tebing ini, tapi sudah sepatutnya jaga dan hati-hati tuk keselamatan mengingat tebing itu terbilang curam juga tinggi.

Menyusuri Pantai Klayar

Jika Kamu melayangkan penglihatan ke arah barat pantai Klayar, ada satu tebing karang yang amat besar serta menjulang dengan tinggi mencapai 50 m. Tebing karang itu adalah satu dari beberapa gugusan karang yang berada di kawasan pariwisata bahari pantai Klayar Pacitan. Panorama eksotis bisa Kamu bayangkan bagaikan lokasi berlabuhnya kapal Nabi Nuh.

Di pantai Klayar, Kamu bisa menikmati fenomena yang mana terjangan ombak yang menerjang batu karang bakal menciptakan air mancur bahkan tingginya hingga 10 m. Panorama indah ini merupakan akibat siraman kencang air laut.

Kamu juga bisa melihat beberapa warga setempat memanjat pohon kelapa tuk ambil air deresan. Air itu berikutnya akan dipergunakan sebagai bahan baku tuk produksi gula jawa. Air yang mempunyai rasa manis itu disebut legen , Kamu bisa mencicipinya di wisata bahari pantai Klayar. Di saat senja tiba, matahari terbenam di pantai Klayar Pacitan merupakan salah satu yang menawan. Sejauh horizon dipandang mata, Kamu bakal mendapati sajian panorama pantai yang eksotis dengan suasana alami yang sangat kental.

gong0deng Rute Perjalanan ke Pantai Klayar Pacitan gong1deng

Jika Kamu dari Jogja, maka rute cukup direkomendasikan ke pantai Klayar ialah dengan ambil rute lewat Wonosari di Gunungkidul. Lokasi yang bakal dilalui ialah Pathuk > kota Wonosari > Pracimantoro > Giribelah > perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur > Pantai Klayar.

Jika Kamu dari Solo, maka tuntun kendaraan Kamu ke Kecamatan Pracimantoro, kemudian akan sampai di perempatan Giribelah, belok kanan sampai tiba ke pertigaan Kalak. Dari sana, Kamu hanya perlu melanjutkan perjalanan kira-kira 60 menit sampai ke Pantai Klayar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.