Wisata Kebun Raya Bogor Yang Mengagumkan

Bogor sebagai satu dari beberapa kota di Indonesia mengandung potensi indahnya alam yang istimewa. Tidak hanya dikenal jadi Kota Hujan, Bogor menyajikan pula beberapa kawasan wisata alam yang disukai banyak pecinta travel. Adanya KRB atau KRB sebagai sebutan akrabnya yang berada tidak jauh dari tengah-tengah kota Bogor merupakan bukti dari pesona alam Bogor yang sebenarnya.

Walaupun cuma suatu hutan hasil rekayasa, namun Kebun Raya yang sudah eksis semenjak zaman Kerajaan Sunda itu merupakan salah satu aset pariwisata terbaik sekaligus kebanggaan warga Bogor. Hal ini tidak lepas dari sistem management yang berkelanjutan, tergolong pelestarian dan pemeliharaan seluruh jenis tanaman didalamnya.

Pendidikan dan Observasi di KRB

Jika Kamu suka pemandangan hijau nan sejuk, maka tujuan wisata Bogor satu ini harus dianjurkan tuk kamu. Begitu masuk ke gerbang KRB, Kamu akan disambut dengan panorama yang khas serta unik.

Jika dilihat dengan seksama, Kamu bakal melihat suatu arca Ganesha di bagian pintunya. Sebenarnya arca itu merupakan simbol yang memperlihatkan bahwa daerah KRB ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai tujuan liburan maupun kawasan wisata saja, melainkan pula mempunyai nilai lebih menjadi pusat pendidikan dan lokasi tuk observasi tanaman.

Hal ini sangat beralasan mengingat lokasi KRB punya koleksi tanaman sangat lengkap, bahkan sudah dikembangkan semenjak zaman kerajaan saat lalu.

Dari gerbang masuk KRB, Kamu bisa melihat satu papan petunjuk. Papan peta lokasi ini sarat dengan bermacam-macam keterangan tentang kawasan pariwisata KRB secara menyeluruh. Peta lokasi ini akan amat membantu saat Kamu mau menelusuri tiap bagian Kebun Raya tanpa ada melewatkan sebuah bagian pun.

Saat masuk kedalam KRB, Kamu bakal melihat Prasati Monumen Lady Raffles. Berdasarkan saksi sejarah, katanya monumen ini didirikan tuk mengingat tokoh Olivia Raffles, yakni istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles.

Koleksi Pohon di Kebun Raya Bogor

Sejauh pengamatan, KRB mempunyai melebihi 15.000 jenis pohon dan tanaman yang tertebar di daerah yang sangat luas. Karena sudah dikembangkan semenjak zaman Kerajaan Sunda Kelapa dulu, maka KRB ini dinyatakan sebagi Kebun Botani tertua di Asia. Tidak heran bila Kamu menjumpai tidak sedikit peneliti dari luar negeri yang meluangkan waktu berwisata ke KRB tuk melalukan beberapa penelitian seputar tumbuh-tumbuhan sekalian berwisata.

Jika Kamu pecinta fotografi, jembatan gantung di KRB adalah satu dari beberapa titik yang indah menjadi latar pemotretan foto. Keindahan ini terbentuk melalui ragam tumbuhan hijau di sekelilingnya. Ketika menjelang senja dan setelah turun hujan, daerah di jembatan gantung bakal menyajikan Kamu sebuah panorama yang sangat indah.

Jika Kamu menelusuri sampai ke belakang KRB, maka Kamu akan melihat suatu danau yang cantik. Di danau itu, Kamu bisa menyaksikan beraneka jenis tanaman teratai air dan beberapa tanaman air yang lain. Letak danau itu tidak begitu jauh dari laman belakang dari Istana Bogor.

Hotel di Kebun Raya Bogor

Karena letaknya yang tidak jauh dengan pusat kota, terdapat banyak sekali hotel berdekatan dengan KRB yang bisa Kamu pilih. Beberapa yang terkenal diantaranya ialah Hotel Salak The Heritage, Amaris serta Amaroossa Royal Hotel. Disamping itu, ada pula beberapa penginapan murah tidak jauh dari KRB bagi Kamu yang mau berkonsep wisata backpacker ke Bogor.

Rute Perjalanan ke Kebun Raya Bogor

Ada banyak sekali jalur akses ke lokasi KRB. Jika Kamu naik angkutan umum ataupun bus, Kamu bisa turun ke terminal Baranangsiang dan dilanjutkan dengan naik angkutan kota pergi ke KRB. Umumnya, para pengunjung yang berkunjung ke KRB ini ada didalam rombongan wisata naik bus pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.